Skip to content

Tips Memasak Saat Mendaki Gunung

Memasak adalah salah satu skill yang diperlukan dalam suatu pendakian. Jangan bayangkan Baraya dapat delivery order makanan saat camping di tengah hutan. Maka dari itu untuk melakukan suatu pendakian, sudah seharusnya Baraya bisa memasak.

Kali ini kita akan membahas tips memasak dalam pendakian. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman kami para Crew pendakian, saat kami memandu tamu- tamu pendakian ke gunung-gunung di Indonesia.

Efektifitas perbekalan pendakian

Hal pertama yang wajib dipikirkan adalah tingkat efektifitas bahan makanan yang akan kita bawa. Dalam arti, perbekalan yang kita bawa itu cukup awet, mudah di masak, sehat, bergizi, dan bisa dimasak jadi berbagai menu masakan. Membawa terlalu banyak perbekalan justru akan menambah beban pendakian. Ingat Baraya, semua perbekalan pendakian kita, tidak dapat berjalan sendiri ke puncak gunung.

Membawa perbekalan yang terlalu banyak akan menambah penderitaan pendakian kita, dan sebaliknya membawa perbekalan yang terlalu sedikit akan mencelakakan kita. Ingat poin efektifitas, hanya bawa perbekalan yang akan berguna untuk pendakian. Hindari membawa kulkas, lemari, sofa, dkk.

Lupakan mie instant!

Masakan gunung papandayan
Menu Pendakian Trip Kami

Bagian ini bisa dibilang subjektif, sifatnya bisa opini. Baraya bisa bantah dengan argumentasi Baraya masing-masing. Di era pendaki milenial saat ini, perlengkapan pendakian sudah sangat bervariasi. Perlengkapan pendakian kita sudah memungkinkan kita untuk dapat memasak pizza, chinese food, bahkan masakan padang di dalam pendakian.

Berbeda dari pendakian di zaman kakek-nenek kita, dimana hanya ada kompor parafin untuk memasak saat itu. Minimnya perlengkapan mendaki saat itu hanya memungkinkan mereka memasak makanan instant. Saat ini dunia sudah lain, Baraya harusnya bisa memanfaatkan itu semua untuk lebih inovatif lagi menghadirkan masakan dalam pendakian Baraya.

Check layanan jasa wisata kami di Gunung Papandayan

Rekomendasi bahan makanan untuk pendakian

makan malam di gunung
Makan Malam di Gunung Papandayan

Jangan lupakan efektifitas bahan makanan, cari bahan-bahan masakan yang bisa dimasak menjadi beberapa menu masakan dalam satu bahan yang sama.

Misalnya bahan sayuran rekomendasi kami adalah sayur sop-sopan: wortel, kembang kol, kubis, brokoli, buncis, daun bawang/sledri. Dengan bahan ini, Baraya bisa memasak setidaknya 2 jenis masakan berbeda dengan satu jenis bahan yang sama. Diantara; sayur sop dan capcay goreng, bahkan bahan sayuran ini juga bisa jadi campuran membuat bakwan.

Selanjutnya bahan sayur pecel; kacang panjang, bayam, labu siam, kubis. Bahan pecel bisa lebih variatif lagi tergantung selera Baraya. Tapi perlu kita pahami untuk pendakian kita harus fleksible, dan harus dapat menyesuaikan diri dengan cara hidup tarzan. Sebagian dari bahan-bahan pecel ini juga bisa Baraya gunakan untuk memasak sayur lodeh. Selain itu baraya juga bisa membawa ayam ungkep, tahu, atau tempe yang cara masaknya sangat mudah namun juga bergizi tinggi.

Demikian adalah tips memasak dari Papandayan Trip Crew. Baraya mungkin bisa menambahkan rekomendasi bahan-bahan masakan lain di kolom komentar untuk dapat didiskusikan bersama.

Bagikan ke teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *